Selasa, 17 Desember 2013

Dahlan Iskan : Tidak Ada Izin Baru Penerbangan di Halim dan Soetta

Menteri BUMN Dahlan Iskan menegaskan bahwa tidak ada izin baru untuk penerbangan dari atau ke Bandara Internasional Soekarno Hatta di Cengkareng dan Bandara Halim Perdanakusuma di Jakarta Timur. 

Penutupan izin sementara pada bandara yang dikelola PT Angkasa Pura II (Persero) ini, telah disepakati dengan Menteri Perhubungan EE Mangindaan.


Saat berbincang dengan detik Finance di Bandara El Tari Kupang seperti dikutip Rabu (18/12/2013), Dahlan Iskan berkata : "Minggu lalu saya sudah sepakat dengan Menhub. Kita ajak bicara beliau. Ayo kita jaga bersama-bersama."

Menurutnya kesepakatan pertama adalah Bandara Halim hanya melayani jadwal penerbangan yang dialihkan dari Bandara Soetta. Pengoperasian Bandara Halim untuk penerbangan berjadwal dimulai 10 Januari 2014.

"Jangan sampai ada izin baru untuk Halim. Betul-betul yang pemindahan ke Halim itu dari Cengkareng. Jangan sampai ada yang nakal di bawah terus di buka untuk penerbangan sipil dan dikelurkan izin baru. Itu saya sepakat dengan Menhub nggak boleh izin baru," jelasnya.

Kesepakatan ke-2 yakni slot atau jadwal penerbangan yang kosong di Bandara Soetta pasca dipindahkan ke Bandara Halim, tidak boleh diisi oleh jadwal baru. Hal ini diperlukan untuk mengurai kepadatan bandara Soetta.

"Nah kesepakatan ke-2 saya minta sama pak Menhub adalah Cengkareng yang ditinggalkan ke Halim. Jangan dikasih izin baru. Jangan-jangan Cengkareng dikurangi 40, terus dikeluarkan izin baru 40. Kita sepakat itu," jelasnya.

Untuk skema kesepakatan ini, Dahlan telah memerintahkan kepada Perum Navigasi dan Angkasa Pura II untuk menjaga dan menawasi perpindahan rute penerbangan. Termasuk izin rute penerbangan baru. Menurutnya langkah tegas akan diberikan bagi maskapai yang mencoba melakukan pelanggaran perizinan penerbangan baru.

"Sanksi nanti nggak boleh landing. Nanti nggak di guide sama Perum Navigasi. Mau landing di mana terserah, Perum Navigas nggak akan melayani penerbangan tambahan. Karena kami sudah sepakat dengan Menhub," tegasnya.

Sumber : detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar