Minggu, 29 Desember 2013

Dahlan Iskan ajak pedagang bakso siasati tingginya harga daging sapi

Menteri BUMN Dahlan Iskan ikut nimbrung di gelaran festival makan bakso gratis yang digagas Asosiasi Pedagang Mie Bakso (Apmiso) Indonesia. Namun Dahlan terlambat datang, sebab acara yang berlangsung sejak pukul 09.30 WIB di parkir timur Senayan, Jakarta sudah hampir selesai.
Dahlan baru tiba pukul 14.00 WIB. Konsekuensinya Dahlan tidak kebagian makan bakso gratis. Sebab sudah ludes oleh masyarakat. "Saya minta maaf. Jadi, saya dari Meulaboh Aceh Barat, pesawat kecil, hujan angin, bisa sampai di sini alhamdulillah. Yang gratis pasti laris," ujar Dahlan saat acara penutupan festival makan bakso gratis di Senayan, Jakarta.
Dahlan punya alasan untuk datang ke acara yang digagas oleh asosiasi tukang bakso. Salah satunya mempelajari apakah daging beku dapat diolah menjadi bakso. Sebab, harga daging sapi segar begitu mahal dan memberatkan pelaku usaha bakso dan mi.
"Saya ingin belajar dari beliau, waktu itu banyak daging beku tapi daging beku tidak bisa dipakai bakso, tapi apa betul dengan beku tidak bisa dipakai bakso? Padahal harga daging beku murah," katanya.
Dahlan mendapat informasi dari para pedagang bahwa daging beku dapat digunakan untuk bakso. Tetapi, ada cara-cara untuk mengolahnya.
"Kalau bisa maka Bulog bisa memasok daging untuk pedagang bakso. Nanti saya matengkan dengan beliau bagaimana cara-caranya, kita rundingkan dengan cermat, daging beku 1 kg bisa satu truk atau cuma sedikit," jelasnya.
Dahlan berjanji akan membahas betul penggunaan daging beku untuk bahan baku bakso. Tujuannya agar pedagang tidak memperkecil ukuran bakso karena alasan harga daging mahal. "Saya ingin tahu apa betul daging beku bisa jadi bakso, karena harga daging terus mahal. Kata pedagang menyiasati kalau harga naik ya bakso ukurannya dikecilkan," katanya.
Harga daging sapi yang terus melambung tinggi diakui Dahlan turut mengerek inflasi. Kondisi ini bisa membahayakan ekonomi nasional jika dibiarkan berlarut-larut tanpa solusi.
Sementara itu, Ketua Apmiso Try Setya Budiman mengaku pedagang bakso memang menggunakan daging beku untuk menyiasati harga daging yang mahal. Padahal pedagang bakso asal Malang dan Solo meyakini bahwa bakso harus berasal dari daging segar.
"Jadi saya melakukan ini cukup lama. Bisa dibayangkan oleh pak Dahlan daging beku dicampur maka bisa menambah keuntungan," katanya.
Dia meminta Dahlan untuk peduli pada nasib pelaku UKM, khususnya pedagang bakso. Mereka meminta bantuan agar gerobak bakso diperbaiki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar